Followers

Saturday, October 13, 2012

Aku si Chef Kapal Persiaran :)


U all..far mmg trngn sngt nk keje kat atas kapal pelayaran ni as a chef..kenapa dn mngapa??sbb nya far nk pengalamn..n far suka merantau..hehe..far mmg bercdg mhau bekerja kt situ..far ada dngr 6 bulan di laut dn 4 buln di dart..bg far ta brt sngt n okay r tu..jnji pengalamn itu pntng..insyaallah far mmg mengimpikn keje kt situ..

far pun search kt intrnt mengenainya..antaranya :)


Syarat- Syarat Umum Bekerja di Kapal Pesiar


Sekarang ini semakin  banyak orang yang bekerja di Kapal Pesiar, mungkin karena tergiur dengan gajih yang lumayan besar atau mungkin karena sudah semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan  di negara sendiri. Disamping itu mungkin juga karena alasan ingin tahu tentang luar negeri atau negara-negara lain di dunia, jadi hitung- hitungb bekerja sambil keliling dunia.

Untuk dapat bekerja di kapal pesiar di luar negeri tidaklah mudah, kita harus memenuhi beberapa syarat. Secara umum, syarat-syarat untuk bekerja di kapal pesiar adalah:

  1. Memiliki beberapa dokumen, seperti :

Kontrak Kerja.
Untuk dapat bekerja di kapal pesiar kita harus memiliki kontrak kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan melalui agen di negara kita. Bila kita setuju mengenai isi dari kontrak itu, kita tandatangani dan diserahkan kembali kepada agen kita. Tapi jangan lupa kita simpan copyannya.

Basic Saftey Training


Basic Safety Training (BST).
Sebelum berangkat kita harus mengikuti dan lulus training tentang dasar-dasar keselamatan. Seperti  cara mencegah dan menanggulangi kebakaran, pertolongan pertama untuk keselamatan diri sendiri dan lain sebagainya. Sertifikat ini berlaku selama 5 tahun namun bisa diperpanjang untuk tahun selanjutnya.



Passport .
Merupakan syarat mutlak untuk berpergian keluar negeri. Minimal masih berlaku selama  setahun pada saat berangkat. Dalam Passport juga termasuk visa, dimana untuk negara Eropa berlaku Schengen Visa dan untuk di Negara Amerika kita harus memiliki C1 D Visa. Visa ini biasanya diurus oleh agent kita.

Seaman Book.
Merupakan buku pelaut yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan dalam negeri. Disamping itu juga diperlukan Panama Seaman Book yang bisa diurus pada saat bekerja di kapal pesiar. Dan semua biayanya kita yang menanggungnya sendiri.

Medical Certificate.
Menurut peraturan  internasional kita wajib mengikuti dan lulus medical atau test kesehatan setiap 2 tahun. Namun di MSC khususnya diwajibkan menjalani medical setiap akan berangkat ke kapal pesiar. Juga termasuk mendapatkan vaksinasi  Yellow Papper, Rubella, dan Chicken Pox. Medical certificate ini harus ditulis dalam bahasa inggris yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang seperti klinik maupun rumah sakit.

  1. Bahasa
Minimal kita harus menguasai bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Karena di Kapal Pesiar kita bekerja dengan orang-orang dari negara lain, seperti dari  India, Filipina, Myanmar, Italia, Honduras, Guatemala, Brasil, Madagaskar, dan lain sebagainya. Bila menguasai bahasa lain seperti  bahasa Italy, Perancis atau bahasa lainnya itu merupakan nilai tambah.

  1. Pendidikan dan Pengalaman Kerja.
Minimal kita sudah tamat dari Sekolah Menengah Umum dan memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun dalam posisi yang sama. Namun sekarang ini sudah banyak agen-agen yang membuka kursus atau sekolah khusus tentang kapal pesiar. Sehingga mampu mencetak tenaga-tenaga profesional untuk siap diberangkatkan ke kapal pesiar.

  1. Syarat Fisik.
Memiliki tubuh atau fisik yang normal agar mampu bekerja secara maksimal, karena di kapal pesiar membutuhkan stamina yang kuat. Disamping itu tidak memiliki tatto yang mencolok pada saat kita mengenakan pakaian kerja.

Demikianlah syarat-syarat umum yang harus kita penuhi bila ingin bekerja di Kapal Pesiar, khususnya di perusahaan MSC. Dan mungkin berbeda bila di perusahaan kapal pesiar lainnya, seperti di Royal, Carnnival, Star Cruise, Costa, dan lain sebagainya.



sELAIN itu..far juga ada krew2 dlmn yg blh mmbntu far..kwn2 far sendiri..insyaallah..if mmg dh rezeki far kt situ..far akn pergi juga..doakan far ye :)


Best regards,






Thanks For Reading..U can like it or leave a comment

4 comments:

  1. Ad kekosongan lagi x sbb sy btl2 berminat

    ReplyDelete
  2. Ad kekosongan lagi x?????
    Sabab sy btl2 berminat nk kerje

    ReplyDelete
  3. Berminat nak keje chef atas kapal...tggu abis degree dlu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...